BUS W (Bus Data dan Alamat)

SAP-1 adalah sebuah komputer berorganisasi bus. Yang artinyaSemua bagian atau unit dari komputer SAP 1 menuju bus W. seperti yang tampak pada gambar di atas.

BUS  ……. ??????
0  BUS adalah sekelompok kawat penghubung atau track yang digunakan sebagai jalur untuk informasi digital yang mempunyai fungsi umum.
0  Ada  tiga jenis BUS di dalam suatu sistem berdasar MIKROPROSESOR :
BUS Data
BUS Alamat
BUS Kontrol  

0  BUS Data
Digunakan untuk mentransfer data antara CPU dan elemen-elemen lain di dalam sistem.
Harus bidirectional (karena data harus dimasukkan dan dikeluarkan dari mikroprosesor).
0  BUS Alamat
Digunakan untuk membawa alamat dari lokasi memori untuk mengambil data supaya dapat dibaca ataw untuk menyimpan supaya dapat ditulis.
Uni-directional (membawa infformasi digital secara serempak).
0  BUS Kontrol
      Membawa semua isyarat kontrol  dari CPU.

Pencacah Program

Pencacah program disebut juga pointer (penunjuk) karena menunjuk ke suatu alamat tertentu dalam memori. Untuk membawa intruksi dari MAR dalam tiap uruatan  cacahan untuk kemudian dibawa ke RAM.

Masukan dan MAR

Disini sudah termasuk register saklar untuk alamat dan data. Register-register saklar ini, yang merupakan bagian dari unit masukan,  MAR adalah bagian dari memori SAP-1. Selama komputer bekerja, alamat dalam pencacah program ditahan (latched) pada MAR. 

RAM
Kotak RAM dalam gambar merupakan sebuah RAM TTL statik 16 x 8. Kita dapat memprogram RAM dengan register saklar alamat dan register saklar data.

Register Instruksi

Register instruksi merupakan bagian dari unit kendali. Untuk mengambil sebuah  instruksi dari memori, komputer melakukan operasi membaca memori. Dalam operasi  ini isi dari lokasi memori yang ditunjuk alamatnya ditempatkan pada bus W. Pada waktu yang sama, register instruksi disiapkan untuk pengisian pada tepi positif dari sinyal detak (clock) berikutnya.

Pengendali-Pengurut 
Kata kendali mempunyai format sbb:
Kata ini menentukan bagaimana register-register harus bereaksi terhadap tepi positif sinyal detak berikutnya.
 
Akumulator 
Adalah sebuah register buffer yang menyimpan jawaban sementara (tahap menengah, intermediate) selama komputer  beroperasi.

Penjumlah- Pengurang 
0SAP-1 menggunakan sebuah penjumlah-pengurang komplemen-2.
0Bila Su berharga rendah maka S = A + B
0Bila Su tinggi maka S = A + B’ → S = A – B


Register B
Adalah register bufer yang lain  diantara  register-register bufer yang ada. Register ini digunakan dalam operasi aritmetik.

Register Keluaran 
Pada akhir operasi komputer, akumulator berisi jawaban dari persoalan yang diselesaikan. Pada saat ini, kita perlu memindahkan jawaban yang bersangkutan ke “dunia luar”. Untuk keperluan inilah register keluaran dipergunakan. 
Peraga Biner
Adalah suatu barisan yang terdiri dari 8 buah LED. Oleh karena setiap  LED dihubungkan dengan sebuah flip-flop dari bandar keluaran, maka peraga biner akan menyajikan isi bandar keluaran, kita dapat melihat jawaban itu dalam bentuk biner.


0 komentar:

Posting Komentar

silahkan dikomen....