Tahapan Pembuatan Program
• Mendefinisikan masalah dan menganalisanya.
Mencakup : tujuan pembuatan program, parameter yang digunakan,
fasilitas yang disediakan, algoritma yang diterapkan dan bahasa
program yang digunakan.
• Merealisasikan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
Algoritma
• Adalah inti dari ilmu komputer.
• Algoritma adalah urutan-urutan dari instruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah.
• Algoritma adalah blueprint dari program.
• Sebaiknya disusun sebelum membuat program.
• Kriteria suatu algoritma:
– Ada input dan output
– Efektivitas dan efisien
– Terstruktur
Contoh Algoritma 1
Mencari akar bulat positif dari bilangan
bulat (integer) positif a:
lMasukkan bilangan bulat positif a
lBerikan harga awal x sama dengan 1
lHitung y sebesar x * x
lJika y sama dengan a maka cetak x
sebagai akar dari a. Selesai
lTambah nilai x dengan 1
lPergi ke langkah 3.
Contoh Algoritma 2
Menentukan apakah suatu bilangan merupakan
bilangan ganjil atau bilangan genap.
lMasukkan sebuah bilangan sembarang
lBagi bilangan tersebut dengan bilangan 2
lHitung sisa hasil bagi pada langkah 2.
lBila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.
Flowchart
lBagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah.
lMerupakan cara penyajian dari suatu algoritma.
Adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program. Flowchart menolong analis dan programmer untuk memecahkan masalah kedalam segmen-segmen yang lebih kecil dan menolong dalam menganalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoperasian.
PEDOMAN-PEDOMAN DALAM MEMBUAT FLOWCHART
Bila seorang analis dan programmer akan membuat flowchart, ada
beberapa petunjuk yang harus diperhatikan, seperti :
1. Flowchart digambarkan dari halaman atas ke bawah dan dari kiri ke kanan.
2. Aktivitas yang digambarkan harus didefinisikan secara hati-hati dan definisi ini harus dapat dimengerti oleh pembacanya.
3. Kapan aktivitas dimulai dan berakhir harus ditentukan secara jelas.
4. Setiap langkah dari aktivitas harus diuraikan dengan menggunakan deskripsi kata kerja, misalkan MENGHITUNG PAJAK PENJUALAN.
5. Setiap langkah dari aktivitas harus berada pada urutan yang benar.
6. Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang digambarkan harus ditelusuri dengan hati-hati. Percabangan-percabangan yang memotong aktivitas yang sedang digambarkan tidak perlu digambarkan pada flowchart yang sama. Simbol konektor harus digunakan dan percabangannya diletakan pada halaman yang terpisah atau hilangkan seluruhnya bila percabangannya tidak berkaitan dengan sistem.
7. Gunakan simbol-simbol flowchart yang standar.
lAda 5 macam Flowchart :
– System Flowchart à urutan proses dalam system
dengan menunjukkan alat media input, output serta
jenis media penyimpanan dalam proses
pengolahan data.
– Program Flowchart à urutan instruksi yang
digambarkan dengan symbol tertentu untuk
memecahkan masalah dalam suatu program.
– Flowchart Dokumen
Flowchart Paperwork menelusuri alur dari data yang ditulis melalui sistem.Flowchart Paperwork sering disebut juga dengan Flowchart Dokumen.
Kegunaan utamanya adalah untuk menelusuri alur form dan laporan
sistem dari satu bagian ke bagian lain baik bagaimana alur form dan
laporan diproses, dicatat dan disimpan.
– Flowchart Skematik
Flowchart Skematik mirip dengan Flowchart Sistem yang menggambarkansuatu sistem atau prosedur. Flowchart Skematik ini bukan hanya
menggunakan simbol-simbol flowchart standar, tetapi juga menggunakan
gambar-gambar komputer, peripheral, form-form atau peralatan lain yang
digunakan dalam sistem.
lowchart Skematik digunakan sebagai alat komunikasi antara analis
sistem dengan seseorang yang tidak familiar dengan simbol-simbol
flowchart yang konvensional. Pemakaian gambar sebagai ganti dari
simbol-simbol flowchart akan menghemat waktu yang dibutuhkan oleh
seseorang untuk mempelajari simbol abstrak sebelum dapat mengerti
flowchart.
– Flowchart Proses
Flowchart Proses merupakan teknik penggambaran rekayasa industrial
yang memecah dan menganalisis langkah-langkah selanjutnya dalam
suatu prosedur atau sistem.
Flowchart Proses digunakan oleh perekayasa industrial dalam
mempelajari dan mengembangkan proses-proses manufacturing. Dalam
analisis sistem, flowchart ini digunakan secara efektif untuk menelusuri
alur suatu laporan atau form.
Contoh Program Flowchart
Simbol-simbol Flowchart
lFlow Direction Symbols (Simbol penghubung alur)
lProcessing Symbols (Simbol proses).
lInput-output Symbols (Simbol input-output)
Simbol-simbol Flowchart
Simbol-simbol Flowchart – Cont.
Pembuatan Flowchart
lTidak ada kaidah yang baku.
lFlowchart = gambaran hasil analisa suatu masalah
lFlowchart dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya.
lSecara garis besar ada 3 bagian utama:
– Input
– Proses
– Output
Pembuatan Flowchart – cont.
lHindari pengulangan proses yang tidak
perlu dan logika yang berbelit sehingga
jalannya proses menjadi singkat.
lJalannya proses digambarkan dari atas
ke bawah dan diberikan tanda panah
untuk memperjelas.
lSebuah flowchart diawali dari satu titik
START dan diakhiri dengan END.
Contoh 1 Flowchart
Contoh 2 Flowchart
Contoh Pemrograman
- Konversi Suhu
Menghitung konversi suhu.dari Celcius menjadi Reamur dan Farenheit.
[tip : R = 4/5 * C dan F = 9/5 * C + 32]
Flowchart :
Pseucode :
-Algoritma
Program mengkonversi satuan Suhu yang di inputkan melalui
keyboard dari Celcius menjadi dalam satuan Reamur dan
Farenheit.
-Deklarasi
SuhuCel : float
-Deskripsi
– Read ( suhuCel )
– Do
Reamur = suhuCel * (4/5)
Farenheit = ( suhuCel * 9/5 ) + 32
– Write Reamur, Farenheit,
-Koding dan Output
- Menghitung Besaran sisi miring segitiga siku-siku
Menghitung sisi miring dari suatu segitiga siku-siku, jika diketahui panjang
sisi yang membentuk sudut siku-siku.
[tip : c^2= a^2+ b^2]
Flowchart :
Pseucode :
-Algoritma
Program untuk menghitung besaran nilai Sisi Miring suatu
Segitiga Siku-siku yang mana panjang sisi-sisi yang mengapit
sisi miring nya di inputkan dari keyboard.
-Deklarasi
a, b : float
-Deskripsi
– Read ( a, b )
– Do
C = sqrt ( pow( a, 2 ) + pow( b, 2 ))
– Write ( c )
Koding dan Output
- Menentukan bilangan ganjil atau genap
Flowchart :
Pseucode :
-Algoritma
Program untuk menentukan Bilangan Ganjil dan Genap dari
data yang di inputkan melalui Keyboard
-Deklarasi
a : integer
-Deskripsi
– Read ( a )
– Write ( a)
– If a % 2 == 0 then
Write ( ‘ a adalah bilangan genap’ )
– Else
Write ( ‘ a adalah bilangan ganjil’ )
– Endif
Koding dan Output
Sumber :
tq ini sangat membantu sekali..
BalasHapusmakasih gan mantap, sangat bermanfaat
BalasHapushttp://adhi.rahmawan10.student.ipb.ac.id/
persiapan UAS,,,, izin sedot
BalasHapus